Saat ini baik di pemerintahan maupun perusahaan swasta, proses tender adalah proses terbaik untuk menemukan kontraktor dalam melakukan pembangunan infrastruktur sipil. Namun, ada beberapa kondisi ‘darurat’ dimana sebuah lembaga tidak harus melakukan tender. Anda ingin mencari jasa pengaspalan Jakarta tanpa melalui tender? Berikut situasi yang relevan.  


1. Punya rekanan lama.
Biasanya, tender akan dibuka untuk proyek yang sama sekali baru. Jika anda sudah memiliki rekanan yang benar-benar dipercaya dan betah dalam kerjasama sebelumnya, apalagi jika kontraktor tersebut menawarkan harga yang rasional dalam proposalnya, maka tender tidak perlu dibuka. Dengan catatan anda adalah perusahaan swasta, dan bukan lembaga pemerintahan.
2. Waktu yang mendesak
Dalam kasus ini, baik perusahaan swasta maupun pemerintahan tidak perlu melakukan proses tender yang cenderung memakan waktu lama. Apalagi jika proyek tersebut memerlukan kesiapan yang sangat cepat. Contohnya pengaspalan menuju daerah rumah sakit baru. Pembangunan daerah rumah sakit baru diumpamakan status daerah tersebut sedang dalam masa yang kritis wabah seperti Corona, maka pengaspalan menuju ke sana tidak harus melakukan proses tender. Begitupun perusahaan swasta yang harus membangun pengaspalan menuju lokasi gudang barunya yang dalam waktu dekat akan dikirimkan beberapa container barang. Maka, pengaspalan itu tidak memerlukan tender, melainkan cukup menunjuk jasa kontraktor yang dipercaya saja. 
3. Kesulitan mendapatkan kontraktor yang bersedia karena harga yang ditawarkan terlalu murah
Lumrah terjadi pada perusahaan swasta atau bahkan pemerintahan sebuah tender tidak mendapatkan respon yang diharapkan. Bisa jadi tender tersebut diminati oleh beberapa kontraktor, namun kontraktor tersebut tidak memenuhi kualifikasi sama sekali sehingga proyeknya memerlukan keputusan cepat dengan menunjuk saja satu kontraktor secara mandiri yang dapat mengerjakan pekerjaan infrastruktur tersebut. Contohnya dalam mencari kontraktor untuk jasa pengaspalan Jakarta.
4. Ketidakpercayaan pada korporat
Ketiadaan tender juga bisa terjadi di perusahaan swasta karena ketidakpercayaan direkturnya terhadap korporat di bawahnya, mungkin karena telah terjadi penyelewengan yang terjadi berulang kali. Karena memakan waktu yang banyak, maka perusahaan swasta yang dilanda krisis integritas umumnya akan mencari kontraktor yang sudah kredibel karena proses tender dianggap sia-sia.
Nah, itu dia beberapa kasus dimana tender tidak dibuka untuk mencari kontraktor. Mungkin anda pernah mendengar juga ada jasa aspal Jakarta yang dipakai tanpa harus melalui proses ini. Sehingga, jika anda berada dalam satu atau lebih dari kondisi di atas, anda tak usah ragu menunjuk secara mandiri kontraktor untuk mencari jasa pengaspalan Jakarta.