Saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya melakukan e-budgeting dan e-tendering, yang mana salah satu tujuannya adalah untuk mendapatkan tranparansi dalam hal pembiayaan dan dalam hal pengadaan tender. Tender saat ini masih menjadi salah satu proses yang dipilih pemerintah dalam menyeleksi kontraktor yang dibayar dalam hal pengadaan barang dan jasa, ataupun dalam pembangunan infrastruktur sipil seperti pengaspalan jalan.
Lalu, jika anda memerlukan jasa pengaspalan Jakarta, mana yang anda pilih. Mau mendapatkannya via tender atau langsung melayangkan proposal ke salah satu kontraktor?
Tentu itu tergantung pada kebutuhan yang anda punya. Jika anda dalam bagian dalam pemerintahan, dan biasanya bergerak di bidang dinas perhubungan, dinas PU, atau pun stakeholder di kelurahan atau kecamatan, pengaspalan jalan seyogianya harus menggunakan proses tender untuk menghindari adanya monopoli bisnis, nepotisme, hingga ketidakadilan bersaing di kalangan pengusaha kontraktor. Tender bukan lagi pilihan, melainkan harus menjadi proses wajib yang dilakukan pemerintah dalam berbagai pengadaan barang dan jasa. Apalagi dana yang dipakai adalah dari masyarakat sehingga pemerintah harus tranpasaran dan mampu mempertanggung-jawabkannya kelak. 
Lantas bagaimana dengan perusahaan swasta yang memerlukan jasa pengaspalan Jakarta? Ya, di Kota Jakarta sendiri ada banyak perusahaan swasta yang memerlukan jasa pengaspalan untuk proyek properti yang ia bangun, entah itu pembangunan pemukiman, gudang, mall, ataupun fasilitas lainnya. Maka, dalam pemilihan jasa pengaspalan di Jakarta, pilihan melakukan tender masihlah nomor satu. Tender akan memudahkan proyek swasta tersebut mendapatkan kontraktor terbaik. Apalagi jika proyek tersebut bernilai besar.
Tentu, anda sebagai pengusaha tidak mau menyerahkan uang yang begitu besar pada satu kontraktor tanpa melalui seleksi yang tepat.  Lagipula dengan tender, anda berpotensi mendapat banyak penawaran sekaligus yang menjadikan proyek anda lebih dihargai secara finansial dibanding menawarkannya ke satu pihak saja.
Bagaimanapun, tender masih menjadi pilihan terbaik untuk mendapatkan jasa kontraktor dalam bidang pengaspalan jalan. Apalagi jika anda membangun proyek di Jakarta, selain sudah menjadi budaya tersendiri untuk mencari jasa aspal Jakarta via tender, tidak diragukan lagi dengan tender anda akan mendapatkan penawaran menarik dari sejumlah kontraktor di kota ini yang jumlahnya cukup banyak sehingga satu proyek yang anda kerjakan benar-benar mendapat perspektif baru dan pengeluaran yang sesuai. Itulah mengapa mencari jasa pengaspalan Jakarta sebaiknya menggunakan tender saja.