Pengaspalan jalan adalah bidang sipil yang memerlukan keahlian khusus dan serangkaian pengalaman. Namun tentu pertanyaannya adalah jika semua proyek pemerintahan dan swasta harus memilih jasa kontraktor yang berpengalaman dan sudah pernah melakukannya berkali-kali,itu akan jadi suatu blunder.
Karena kontraktor yang berpengalaman saat ini juga pasti memulai dari bawah, atau memulai dari nol pengalaman.  Apalagi di Kota Jakarta yang mana proyek selalu ada setiap hari, dan terus muncul kontraktor baru. Lalu amankah mempercayakan proyek pengaspalan jalan, terlebih jasa pengaspalan Jakarta tersebut kepada kontraktor pemula?  
Jawabannya adalah aman-aman saja. Anda tidak perlu merasa cemas dengan kontraktor pemula, malah karena mereka adalah kontraktor pemula, biasanya cenderung memiliki kelebihan dari kontraktor yang sudah punya nama sebelumnya. Kontraktor pemula akan benar-benar serius dan fokus pada proyek pertama yang mereka kerjakan. Karena kesempatan pertama yang anda berikan ibarat berlian yang harus mereka manfaatkan sebaik-baiknya.
Dari kesempatan pertama inilah kontraktor pemula akan memulai karir professionalnya dan menambahkan hasil evaluasi kerja tersebut ke dalam portofolionya. Di satu sisi, jika kinerja kontraktor pemula tersebut buruk akan menghambat pertumbuhan perusahaan mereka ke depannnya sehingga mau tak mau, kontraktor tersebut akan melakukan yang terbaik.
Selain itu, keuntungan lain yang anda dapatkan dari kontraktor pemula adalah harga yang pastinya jauh lebih murah dari kontraktor tenar lainnya. Hal itu dikarenakan, kontraktor pemula belum punya pengalaman atau bukti kerja yang bisa menggaransi hasil kerja mereka, atau barangkali ini disebut sebagai proyek percobaan, sehingga kontraktor pemula akan berusaha untuk memangkas anggaran seminimal mungkin untuk dapat terpilih dalam suatu tender karena merasa belum memiliki jaminan dan ini disebut sebagai ‘harga kenalan’.
Selain itu, apa yang kontraktor pemula kejar ini adalah pengalaman yang sebenarnya, dan keuntungan finansial kecil dirasa tidak masalah karena keuntungan utama yang sebenarnya adalah sudah dipercayakan mengerjakan satu proyek, apalagi jika proyek itu ambisius, terlebih jika dipercaya dalam jasa pengaspalan Jakarta, yang mana untuk lolos dalam satu proyek di Jakarta cukup sulit mengingat persaingan yang sengit.  Dimana-mana, tidak hanya dalam jasa aspal Jakarta, hal ini lumrah dilakukan.
Maka, anda sebagai pemilik proyek terlebih di Kota Jakarta, tidak perlu cemas atau meragukan kontraktor pemula secara berlebihan dalam mengerjakan jasa pengaspalan Jakarta. Justru, kontraktor pemula adalah pilihan yang cukup bagus karena anda mendapatkan keuntungan cukup tinggi meski dengan resiko yang cukup tinggi juga. Itu kembali kepada pilihan anda tentunya.